Sebagai
pemilik bisnis UKM, apalagi jika bisnis kita beroperasi di sekitaran
dunia nyata, maka kita mungkin seringkali meremehkan keberadaan
internet. Kita merasa bahwa internet bukan prioritas utama kita.
Padahal, customer Anda mungkin saat ini tengah mencari alamat Anda di
internet, atau sedang Googling terhadap barang yang sama persis dengan
yang Anda jual. Internet berdampak terhadap dunia nyata. Menghindarinya
sama dengan menarik diri dari kompetisi di dunia bisnis yang kejam.
Ignorance is not a bliss, it’s stupidity. Jadi, apa saja yang bisa Anda
lakukan untuk meningkatkan kehadiran bisnis Anda di internet?
Temukan bisnis UKM Anda di Google Maps.
Bisakah
Anda mencari letak bisnis Anda di Google Maps? Jika tidak, maka Anda
bisa mulai register Google Places untuk meningkatkan kehadiran bisnis
Anda di Google Maps, Google+ dan tentu saja smartphone, dimana
penggunanya mencari lokasi bisnis Anda. Pastikan Anda mendaftarkan nomor
telfon dan jam kerja Anda sehingga customer bisa dengan mudah
menghubungi atau mengunjungi Anda.
Bikin website yang responsif.
Bisnis
kecil Anda perlu website. Atau minimal blog. Selain itu website Anda
harus cukup sederhana agar bisa dibuka dengan mudah lewat smartphone.
Selain karena tingkat adopsi smartphone dan tablet yang tinggi di
masyarakat, sebuah studi dari Google menyebut bahwa 67 persen pengguna
akan melakukan pembelian dari website yang responsif terhadap mobile.
Sedangkan, hingga saat ini sebuah studi masih menyebut bahwa 93% website
milik bisnis UKM belum bisa dijalankan dengan baik di alat mobile.
Google nama bisnis Anda.
Sebuah
riset dari Search Engine Land menemukan bahwa 85% konsumen menggunakan
internet untuk menemukan deal terbaik bagi mereka. Mereka akan search
untuk kata kunci, seperti “Beli Sepatu Murah” hingga “Tips Fashion
Wanita”. Jika perlu, mereka juga akan menambahkan lokasi di akhir kata
kunci, seperti “Beli Sepatu Murah Jakarta”. Jadi, penting sekali agar
bisnis Anda tampil di hasil tertinggi ketika mereka sedang mencari kata
kunci yang sesuai dengan industri dan lokasi bisnis Anda. Semakin tinggi
hasil yang Anda capai, maka semakin mungkin mereka akan klik bisnis
Anda. Jika hasilnya kurang tinggi, Anda perlu belajar lebih banyak
tentang teknik search engine optimization (SEO). Inilah pentingnya
bisnis Anda punya website.
Bagaimana dengan sosial media?
Ada
banyak sosial media saat ini. Setidaknya Anda harus aktif di minimal
satu saja sosial media. Dan pastikan media tersebut adalah media paling
efektif bagi bisnis Anda. Fokuskan waktu dan energi Anda hanya pada
platform yang paling cocok dengan target market Anda. Sedangkan di
sosial media lain, cukup daftarkan username Anda agar tidak dipakai
orang lain, dan mungkin sewaktu-waktu, Anda memutuskan untuk
menggunakannya karena mereka ternyata lebih relevan terhadap customer
Anda.
Jadi apakah anda tertarik untuk mengembangkan bisnis UKM anda lewat internet?
Sumber : Studentpreneurr
Senin, 27 Oktober 2014
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar